Hubungi Kami

Menu Close

Tanggapi Himbauan Walikota Batam, Unit Pendidikan AIS Terbitkan Surat Edaran Pengurangan & Penanganan Sampah Di Lingkungan Sekolah

Himbauan Walikota Batam, Bapak H. Muhammad Rudi (HMR) melalui surat edaran (SE) no 525/DLH/2019 , tentang pembatasan penggunaan bahan plastik dan sejenisnya, ditanggapi dengan segera oleh Unit Pendidikan Alkahfi Islamic School (AIS) Batam. Segera setelah surat edaran tersebut dikeluarkan, pihak Unit Pendidikan AIS-pun mengeluarkan surat edaran Pengurangan & Penanganan Sampah di Lingkungan Sekolah AIS!

Surat Edaran tersebut ditujukan kepada setiap Kepala Unit, mulai dari PG/TK/SD/SMP/SMA Unit Pendidikan AIS secara khusus, dan umumnya kepada seluruh Unit Pendidikan Yayasan Islam Al-Kahfi Batam. Dalam keterangannya, ada beberapa point utama yang disampaikan dalam surat edaran tersebut! Antara lain :

  1. Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, serta melakukan pemilahan sampah (membuat tong sampah terpisah bahan organik dan non organik),
  2. Setiap pelaksanaan rapat/pelatihan dan kegiatan sejenis yang disediakan hidangan rapat (snack, makanan dan minuman) tidak menggunakan pembungkus/kemasan plastik seperti kantong, botol, sedotan/pipet dan gelas plastik

 

Selengkapnya dapat dilihat disini :

Dilansir dari, https://batam.tribunnews.com bahwa menurut informasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kota Batam mengangkut 950 hingga 1000 ton sampah dari masyarakat (Sampah Rumah Tangga) setiap harinya.

“Tentu ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Tidak hanya pemerintah, seluruh elemen, termasuk masyarakat harus benar-benar peduli dengan masalah ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Persampahan DLH Kota Batam, Faisal, Senin (22/7/2019) siang.

Peran aktif dari masyarakat kota Batam, dari berbagai elemen dan jenjang usia, adalah salah satu solusi terbaik. Kesadaran bahwa lingkungan bersama, harus dijaga bersama harus mewarnai setiap pribadi masyarakat. Upaya yang bisa ditempuh  seperti gotong royong di tingkat kota, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional dan sebagainya harus digalakkan!!

Tentu, AIS sebagai salah satu Unit Pendidikan Yayasan Alkahfi Batam yang memiliki visi menjadi lembaga pendidikan percontohan berbasis pada penerapan Islam sesuai manhaj As Salaf Ash Shalih di Kepulauan Riau, senang bisa turut berpartisipasi untuk Batam yang lebih baik. Salah satunya tentang kebersihan dan penanganan sampah plastik. Sebab, dalam Islam sendiri, keimanan seseorang sangat berkorelasi terhadap kebersihan. Baik secara pribadi, lingkungan dan dampak bagi masyarakat. Kitab-kitab fiqh Islam, juga selalu diawali dengan pembahasan kebersihan, yakni Bab Thaharah! Berbagai dalil baik dari Al-Qur’an maupun sunnah Nabi Muhammad ﷺ juga telah banyak berbicara seputar kebersihan

Allah ﷻ berfirman :

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

“Dan Pakaianmu sucikanlah” (TQS. Al-Muddattsir: 4)

Rasulullah ﷺ bersabda :

 إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الجَمَالَ

Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.(HR. Muslim)

Atas dasar tersebut, kebersihan memang bagian daripada pembahasan fiqh Islam. Maka setiap muslim yang baik tentu akan senantiasa menjaga kebersihan disekitarnya. Topik sampah dan kebersihan, adalah tugas kita bersama, baik untuk para Guru, Staff, Siswa/i dan juga para orang tua siswa. InsyaAllah, bersama-sama kita galakkan kebersihan, dimulai dari mendisiplinkan diri membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan sampah plastik!!

Semoga tulisan ini bermanfaat !! jazakumullahu khoyran

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *